Hutan Pinus Lahendong

Hutan Pinus Lahendong merupakan salah satu obyek wisata Panas Bumi di Kota Tomohon. Objek wisata ini Objek wisata ini dihiasi oleh manifestas potensi panas bumi yang berupa kolam-kolam dan kubangan lumpur yang luas dengan beberapa gunung atau gundukan lumpur dan tanah beruap.  Gelembung-gelembung gas tampak di permukaan kolam lumpur memberikan kesan mendidih. Bau seperti telur busuk berasal dari pelepasan gas H2S yang terjadi secara alamiah.


Kolam lumpur dan tanah beruap di Hutan Pinus Lahendong (kiri), Gunung lumpur dan kolam lumpur di Hutan Pinus Lahendong (tengah), Kubangan lumpur di Hutan Pinus Lahendong (kanan)


Pengunjung harus waspada dalam menikmati keindahan Hutan Pinus Lahendong karena permukaan tanahnya licin, lembek dan di dekat permukaan terdapat air yang panas dan asam. Suhunya dapat mencapai lebih dari 70oC dengan pH kurang dari 3.

Di sekitar Pinus Lahendong, kita juga dapat belajar mengenai panas bumi melalui papan-papan informasi panas bumi yang telah dirancang dan dipasang oleh Tim KKN PPM UGM SLU-02 TA 2014-2015 dan Tim KKN PPM UGM SLU-04 TA 2015-2016.