Danau Linow

Danau Linow merupakan salah satu obyek wisata di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Objek Wisata panas bumi yang terkenal ini berjarak + 30 km dari Kota Manado dan  + 3 km arah ke barat dari Kota Tomohon. Kata “Linow”  diambil dari bahasa Minahasa yaitu “lilinowan” yang berarti tempat berkumpulnya air.

Berdasarkan penyelidikan geologi, cekungan Danau Linow diduga merupakan kawah alamiah hasil letusan yang terjadi sekitar 0,5 juta tahun yang lalu. Terdapat berbagai manifestasi panas bumi seperti mata air panas, fumarol, maupun kubangan lumpur yang kondisinya selalu di monitor untuk menjaga kelestarian sistem panas bumi. Pada beberapa bagian, air danau berwarna hijau pucat, putih susu, atau hijau kekuningan. Kenampakan tersebut terjadi akibat proses pelarutan batuan oleh fluida yang bersifat asam (pH 3).


Burung Kuntul Perak dan manifestasi panas bumi berupa fumarol di pinggir Danau Linow  (kiri), Pemandangan Danau Linow dari Kafe D’Linow (Tengah), Pemandangan Danau Linow serta manifestasi panas bumi berupa batuan terubah.


Selain banyaknya manifestasi panas bumi yang dapat dijumpai, Danau Linow dan area disekitarnya juga banyak dijumpai keanekaragaman flora dan fauna. Area Danau yang dikelilingi hutan telah menjadi sumber kehidupan bagi makhluk-makhluk tersebut. Dari hasil pengamatan Tim KKN PPM UGM SLU-02 TA 2014-2015 pada bulan Juli 2015, telah teridentifikasi 29 jenis tumbuhan, 27 jenis burung, dan 3 jenis capung.

Pengunjung dapat menikmati keindahan Danau Linow, manifestasi-manifestasi panas bumi dan keanekagaragaman hayati yang ada disekitarnya dengan berfoto-foto, maupun bersantai di rerumputan sekitar Danau Linow atau di kafe D’Linow di dekat Danau Linow sambil menikmati hidangan makanan dan minuman yang ada. Namun pengunjung tidak disarankan untuk bermain-main dengan air danau. Hal tersebut disebabkan sifat air yang asam dan pada beberapa tempat suhunya mendekati titik didih 85oC. Kondisi di tengah perairan Danau Linow juga belum diketahui.

Di sekitar area Danau Linow, kita juga dapat belajar mengenai panas bumi dan keanekaragaman hayati yang ada melalui papan-papan informasi panas bumi yang telah dirancang dan dipasang oleh Tim KKN PPM UGM SLU-02 TA 2014-2015.

Untuk dapat mencapai Danau Linow, dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi. Kendaraan umum juga dapat digunakan untuk mencapai Danau Linow, namun harus yang dilanjutkan dengan 10 menit berjalan kaki dari Jalan Raya Kota Tomohon-Minahasa.