Pengembangan Kapasitas SDM

Selaras dengan visi pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk mewujudkan Sulawesi Utara yang berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam pemerintahan dan politik, serta berkepribadian dan berbudaya, maka pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibantu oleh dinas-dinas yang terkait seperti Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan Badan Lingkungan Hidup telah melakukan beberapa kegiatan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di Sulawesi Utara dalam bidang panas bumi. Peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam bidang panas bumi tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi tujuan-tujuan Provinsi Sulawesi Utara, yaitu untuk memantapkan pembangunan sumber daya manusia yang berkepribadian dan berdaya saing, mewujudkan Sulawesi Utara sebagai destinasi investasi dan pariwisata yang berwawasan lingkungan, serta mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang tinggi, maju dan mandiri.

Kegiatan-kegiatan pengembangan kapasitas tersebut, yaitu berupa:

  • Workshop Panas Bumi untuk Guru-guru SLTP dan SLTA di Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon,
  • Workshop Panas Bumi untuk Tokoh-tokoh Masyarakat di Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon,
  • Workshop Energi Panas Bumi untuk Jurnalis, Staf Humas Pemerintah Daerah, dan Komunitas Pemuda di Sulawesi Utara,
  • Seminar Panas Bumi untuk Indonesia untuk Siswa Menengah Atas di Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon.
  • Workshop Pariwisata Panas Bumi untuk Staf Pemerintah Daerah, Pemuda, dan Tokoh-tokoh Masyarakat

Kegiatan-kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (dalam program UGM-NZAid Community Resilience and Economic Development (CaRED)) yang juga mendapat dukungan dari pemangku kepentingan panas bumi lainnya di Sulawesi Utara, seperti Universitas Sam Ratulangi, PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE).


Capacity Building 1Workshop Panas Bumi untuk Tokoh-tokoh Masyarakat di Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon (kiri) dan Workshop Energi Panas Bumi untuk Jurnalis, Staf Humas Pemerintah Daerah, dan Komunitas Pemuda di Sulawesi Utara (kanan).


Capacity Building 2Seminar Panas Bumi untuk Indonesia untuk Siswa Menengah Atas di Kabupaten Minahasa dan Kota Tomohon (kiri) dan Workshop Pariwisata Panas Bumi untuk Staf Pemerintah Daerah, Pemuda, dan Tokoh-tokoh Masyarakat (kanan).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *