Pembangkit Listrik Siklus Biner


Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Siklus Biner

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Siklus Biner

Gambar 1. Diagram power plant panas bumi siklus biner (Digambar ulang dari Dickson dan Fanelli, 2004).

Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) siklus biner digunakan untuk fluida panas bumi klasifikasi entalpi moderat sampai rendah dan untuk air panas yang keluar dari separator pada lapangan panas bumi dominasi air. Power plant biner menggunakan fluida kerja kedua, biasanya fluida organik (khususnya n-pentana), yang mempunyai titik didih rendah dan tekanan uap tinggi pada suhu rendah jika dibandingkan dengan uap air. Fluida kedua dioperasikan menggunakan siklus Rankine konvensional di mana fluida panas bumi memberikan panas kepada fluida kedua dalam sebuah penukar panas sehingga menguap. Uap yang dihasilkan akan menggerakkan turbin kemudian didinginkan dalam kondenser sampai akhirnya siklus diulangi lagi (Gambar 1).

Power plant siklus biner biasanya dibuat dalam bentuk unit modul kecil dengan kapasitas beberapa kWe sampai MWe. Beberapa unit ini dapat digabungkan untuk memperoleh power plant dengan kapasitas sampai beberapa puluh MWe. Harga per unit banyak bergantung pada beberapa faktor di antaranya adalah suhu fluida panas bumi, alat penukar kalor dan sistem pendinginan.

Pembangkit listrik portable kecil, konvensional maupun bukan, menjadi penting karena dapat membantu penyediaan energi terutama untuk daerah terpencil (isolated area). Standar kehidupan masyarakat dapat terangkat karena mereka dapat memanfaatkan sumber energi lokal. Mereka dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan pemompaan air untuk irigasi, pendinginan buah-buahan dan sayur-sayuran, dll.

Selain daerah terpencil, pembangkit portable ini sangat bermanfaat sekali bagi daerah-daerah yang mengalami kesulitan untuk mengakses bahan bakar konvensional dan juga bagi masyarakat yang harus membayar mahal untuk melakukan koneksi ke jaringan/grid listrik nasional.


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *