Lapangan Panas Bumi Tompaso

Lapangan Panas Bumi Tompaso terletak di Kabupaten Minahasa. Berdasarkan SK Menteri Pertambangan dan Energi No. 560 K/30/M.PE/1987 tanggal 20 Juli 1987, Lapangan Panas Bumi Tompaso  bersama dengan Lapangan Panas Bumi Lahendong merupakan bagian dari Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) Panas Bumi Lahendong – Tompaso. Lapangan Panas Bumi Tompaso terletak kurang lebih 15 km di sebelah selatan lokasi Lapangan Panas Bumi Lahendong.

Litologi yang menyusun Lapangan Tompaso terdiri atas tuf, riolit, andesit, pitchstone, breksi piroklastik, dan batuapung. Struktur geologi yang dijumpai di daerah Tompaso adalah sesar Soputan yang berarah timur laut – tenggara dan sesar Tempang berarah utara – selatan. Struktur yang lain berupa kelurusan yang berarah relatif ke utara juga dijumpai di daerah Tompaso.

Manifestasi panas bumi yang dijumpai di daerah Tompaso meliputi tanah beruap, fumarola, mata air panas, kolam lumpur, mata air hangat. Pada area ini, kegiatan pemboran eksplorasi dan eksploitasi telah dilaksanakan sejak Oktober 2008. Pembangkit berkapasitas 2×20 MW, yaitu PLTP unit 5 dan unit 6, sedang dibangun di Lapangan Tompaso yang diharapkan akan segera beroperasi.