Contoh Pemanfaatan Panas Bumi pada Aquaculture

Aquaculture

Gambar 1. Budidaya Ikan dengan Aquaculture

Aquaculture merupakan bentuk kehidupan dalam air untuk pembudidayaan spesies secara terkontrol (Gambar 1).  Pengontrolan suhu pembudidayaan untuk spesies air menjadi lebih penting daripada spesies darat di mana kecenderungan kurva pertumbuhan spesies air sangat berbeda terhadap spesies darat. Dengan mempertahankan suhu optimum kita dapat membudidayakan spesies langka, meningkatkan produksi bahkan menggandakan siklus reproduksi. Spesies yang umumnya dibudidayakan adalah udang, lobster, kepiting, kerang, karper, salmon, belut, tiram, dll.


Pengaruh Temperatur

pengaruh

Gambar 2. Pengaruh Temperatur pada Pertumbuhan Hewan (From Bella and Samuels, 1971).

Suhu yang dibutuhkan untuk spesies air berada pada rentang 20 – 300C (Gambar 2). Ukuran dari instalasi akan bergantung pada suhu sumber panas bumi, suhu yang dibutuhkan dalam kolam ikan dan panas yang hilang dalam kolam.

 

 

 

 

 

 

 


Aplikasi Aquaculture di Amerika Serikat

Gambar 3 ini menunjukan pemanfaatan Aquaculture di wilayah barat Amerika Serikat. Budidaya ikan ini menampung ikan nila dan beberapa jenis ikan tropis lainnya yang berasal dari Danau Malawi, Afrika Utara. Air panas  yang berasal dari panas bumi bersuhu sekitar 900C saat akan dimasukan ke kolam, namun setelah dilakukan pencampuran dengan air kolam, temperatur air turun secara drastis di kisaran 28 0+ 20C. Supaya hal ini terpenuhi, dibutuhkan beberapa vasiasi debit dari 3.15-18.9 Liter/s, tergantung pada suhu lingkungan.

Aquaculture di Amerika Serikat

Gambar 3. Pemanfaatan Aquaculture di Amerika Serikat. Fotografi: Jack Kiruja

Tempat budidaya ikan ini merupakan yang terbesar di wilayah barat Amerika Serikat (Gambar 4). Ikan tersebut dikembangkan pada kolam berbentuk lingkaran dengan diameter 15m dan kedalam 2.5m. Suhu air kolam tersebut dijaga pada 29 0C dengan cara mencampurkan air panas yang diperoleh dari panas bumi dengan air dingin yang berasal dari danau. Setiap minggunya sekitar 9100 kg ikan dijual  hidup-hidup dan dikirim ke China Town di San Francisco.

kolam

Gambar 3. Kolam Ikan Aquaculture di Amerika Serikat. Fotografi: Jack Kiruja

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *